Hitha Palepu Populer karena Ahli Mengepak

Senin, 13 Agustus 2018 - 11:07 WIB
Hitha Palepu Populer...
Hitha Palepu Populer karena Ahli Mengepak
A A A
JAKARTA - Bagi sebagian orang, mengepak atau berkemas (packing) saat akan melakukan perjalanan jauh dinilai menyebalkan. Namun, Hitha Palepu justru melihatnya sebagai peluang bisnis.

Dulunya, Hitha juga merasakan masa-masa menyiksa saat harus berkemas. Dia merasakan betapa susahnya melakukan packing dan bingung barang apa saja yang akan dibawa.

Alhasil, banyak baju berhamburan di tempat tidur dan barang-barang lainnya di lantai. Sepertinya hal ini hampir dirasakan banyak orang dan Hitha bisa menangkap hal tersebut dengan jeli. Siapakah Hitha Palepu? Dia adalah penulis dengan pengalaman internasional di dunia digital, teknologi, dan perjalanan (traveling).

Namanya mulai dikenal banyak orang setelah dia menulis buku How to Pack: Travel Smart for Any Trip yang diluncurkan pada tahun lalu. Buku ini mengajarkan para pembaca cara berkemas dengan sempurna.

Menurut laman goodreads , buku ini banyak dibaca orang dan memiliki 228 penilaian atau rating serta 55 kali diulas. Dikutip Pop Sugar , pengalaman perjalanannya dimulai pada usia yang sangat muda.

Dia memulai perjalanan internasional pertamanya saat berusia 6 bulan. Dia juga sudah ditugaskan mengepak tasnya sendiri sebelum belajar naik sepeda. Setelah lulus dengan gelar ganda, yakni dari Jurusan Biokimia dan Sejarah, dia bekerja Cisco Systems.

Setelah tiga tahun di Cisco yang kerap bekerja dengan perusahaan-perusahaan farmasi global, dia pindah ke salah satu perusahaan farmasi, SciDose, untuk menjadi kepala operasional.

Dia pun bertugas mengelola pengembangan bisnis dan mengembangkan strategi pasar di negara berkembang. Karena tugasnya tersebut, dia pun harus bepergian lebih dari 500.000 mil ke seluruh dunia, tiga minggu setiap bulan, ratusan malam di hotel, dan melewati enam benua. Hitha pun menyebut, dia bisa menjadi ahli mengepak karena “kecelakaan”.

Sebenarnya filosofi pengepakan Hitha sederhana saja. “Ini tentang apa yang ingin saya lakukan, untuk siapa saya packing, dan apa yang sebenarnya saya butuhkan,” ujarnya. Hitha pun menciptakan sistem yang paling mutakhir untuk mengepak dengan penuh gaya dan praktis. Sejak saat itu, mengepak dan perjalanan tidak lagi menjadi hal yang menyebalkan.

Sebelum menulis buku yang laris manis tahun lalu, Hitha sempat membuat situs web hithaonthego.com yang membahas tentang cermat mengepak tapi tetap bisa tampil gaya serta berbagai pernak-pernik perjalanan lainnya. Awalnya situs web ini dibuatnya hanya untuk hobi.

Namun, lama-kelamaan situs web ini makin berkembang dan membuatnya ingin serius mengelolanya. Pada 2014, Hitha pun meninggalkan pekerjaannya di industri farmasi untuk fokus pada pengembangan situs webnya, sekaligus mengejar proyek lain. Hitha yang kala itu sedang hamil anak pertama juga merasa tidak ingin bekerja kantoran lagi.

Saat ini meski sudah menjadi ibu seorang putra berusia 3 tahun, Hitha masih kerap bepergian. Dikutip Career Contessa , selain menulis buku dan menjalankan situs webnya, Hitha juga menjadi penasihat dan investor untuk beberapa perusahaan rintisan (start up).

Dia juga mendirikan Bridge2Act, perusahaan rintisan di bidang teknologi untuk proses pemberian donasi secara cepat dan mudah. Selain itu, dia tercatat sebagai anggota dewan di Sundara Fund, lembaga nonprofit yang mendaur ulang dan mendistribusikan sabun, serta pelatihan kebersihan ke negara berkembang. Dia juga menjadi penggalang dana di perusahaan farmasi seperti Rho Pharmaceuticals, konsultan di MM LaFleur dan investor di Wreck.

Dorongannya untuk membantu mengembangkan generasi pemimpin perempuan berikutnya dan keinginannya untuk berbagi kiat, trik, dan nasihat kepada pembacanya membuatnya menjadi perempuan sejati yang selalu mendukung perempuan di berbagai bidang.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)